21 April 2007

Pingin Punya Blog

Gara-gara di obong-obongin sama Mbah Mitro yang mantan genk suci dan punya blog sendiri mitromoto, jadinya saya katut dan ikut-ikutan pingin punya blog. Tapi berhubung Mbah Mitro ini memang sudah profesional dan punya usaha bikin web pribadinya (eh... punya usaha kok bikin web pribadi untuk sendiri lagi) dan sering bikin web yang harus free (ini katanya), so... jadinya desainnya sudah profesional juga (ini katanya juga lho..., bukan kata saya).

Sementara karena saya baru bisa bikin satu web saja untuk komunitas paduan suara di Yogyakarta, yaitu Paduan Suara Felicitas, -- coba dikunjungi yach... -- itupun komunitas sendiri dan designnya tidak profesional, tapi... mendekati profesional yang harganya mahal (hehehe... menghibur diri sendiri nich), maka saya harus belajar banyak dari bung Mbah Mitro ini, khususnya tentang tata cara dan langkah-langkah membuat blog sendiri.

Ceritanya begini :
  1. Mula-mula saya diharuskan oleh Mbah Mitro untuk mencari server atau hosting yang gratis, tidak boleh mencari yang pakai bayar segala, katanya ini untuk menjaga kreadibilitas. (hmmm... maksod loe?).
  2. Saya manut. Maka cari-carilah saya di majalah, di buku komputer, di bakul-bakul kertas bekas yang dijual perkiloan itu (saya berpikir, "Barangkali ada yang ngebuang.."), terus waktu jalan-jalan di mall, tanya orang-orang yang lewat, dan segala macam usaha yang berat-berat. Akhirnya setelah bertahun-tahun (sedikit hiperbola, biar kelihatan kalau saya itu memang berusaha keras), ketemunya di blogspot ini. Syukurrr....
  3. Karena saya bukan ahli desain, maka saya ambil jalan pintas, yaitu dengan mencomot template yang telah disediakan. Wew... asyik juga punya blog sendiri.
  4. Saya mengambil nama kandangjago, dan bukan nama sendiri. Khawatir kalau nama sendiri ntar jadi terkenal... kan nggak enak. Soalnya, katanya Mbah Mitro, blog itu dibuat sebagai pengganti buku harian, jadi untuk nulis-nulis. Beliau memang penulis terkenal, karyanya sudah diterbitkan setidaknya di tujuh kampung di daerah dekat rumah saya (kira-kira 1 RW). Dan artikelnya bahkan sudah dibuat sinetron dengan judul "Melahirkan di Atas Pohon" -- wakakaka... Tukul Arwana buanget...
  5. Akhirnya disinilah blog saya : kandangjago.blogspot.com atau singkatnya di domain gratisan di http://www.kandangjago.co.nr
Woowww..... Keerrrreeeennnn... (menurutku dhewe... mbuh nek liyane ???)


No comments: